gadis muslimah







.assalamua'laikum ...dang kulu kilo mantap bae disikak di blog nisa

Sabtu, 19 November 2011

Biologi Imtaq : Sumber Daya Alam





 




Sumber Daya Alam               

Sumber Daya Alam dapat digolongkan menjadi :
1. Berdasarkan kegunaannya terdiri dari :
            a. Sumber daya alam penghasil energi
            b. Sumber daya alam penghasil bahan baku
            c. Sumber daya alam lingkungan hidup
2. Berdasarkan jenisnya meliputi :
            a. Sumber daya alam biotik (hayati)
            b. Sumber daya alam fisik (non hayati)
3. Berdasarkan sifatnya meliputi :
            a. Sumber daya alam yang dapat diperbaruhi (renewable)
            b. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruhi (non renewable)
            c. Sumber daya alam kekal (tak habis)

Pemanfaatan dan penggalian sumber daya alam yang merupakan anugerah dari Tuhan Sang Pencipta yang diamanahkan pada makhlukNya untuk dikelola dengan baik dan dipikul selamanya hidupnya. Makhluk yang menerima amanah Allah sang Pencipta ini adalah hanya manusia lah yang sanggup untuk memikulnya sebagaimana Firman Allah dalam Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 72 :
”Sesungguhnya kami telah mengemumakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khwatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh.” (QS. Al Ahzab:72)

Salah satu dari sekian banyak amanah yang ditugaskan oleh Allah kepada manusia adalah pengelolaan, pengaturan, penggunaan, dan pemeliharaan sumber daya alam yang merupakan bekal untuk sarana hidup dan penghidupan manusia di alam dunia ini, sehingga manusia tetap iman dan taqwa kepada Allah dan rasa syukur atas nikmat yang bdiberkan dari sumber daya alam ini, sebagaimana firmanNya sumber ala yang dapat diambil dari lautan :
“Dan tiada sama (antara) dua lautan; yang ini tawar, segar sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing lautan itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut, supaya kamu dapat mencari karuniaNya dan supaya kamu bersyukur.” (QS. Al Fathir:12)

Sumber daya alam hayati tumbuhan terdapat yang dianugerahkan Allah untuk bekal hidup dan kehidupan manusia adalah bumi tempat kita berpijak, dan termasuk kekayaan-kekayaan yang terkandung dalam isi perut bumi yang dapat digali dan dimanfaatkan oleh akal dan kecerdasan otak manusia dengan bijaksana sesuai dengan sunatullah karena kelak akan diminta pertanggungjawaban. Salah astu sumber alam non hayati yang bersifat kekal tetapi perlu diperhatikan keberadaannya oleh pemakaiannya adalah air, yang merupakan suatu komponen terpenting dalam kehidupan manusia maupun makhluk hidup lain yang ada di alam semesta ini. Firman Allah :
“Dan Allah menurunkan dari langit air (hujan) dan dengan air itu dihidupkanNya bumi sesudah matinya. Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang mendengarkan (pelajaran).” (QS. An Nahl:65)

Kecanggihan dan kemajuan daya pikir, dan akal manusia dalam bidang pengetahuan dan IPTEK dibandingkan dengan pola hidup makhluk yang ada di bumi ini, maka pemanfaatan sumber daya ala mini harus arif bijaksana karena hanya manusia lah yang memiliki kemampuan untuk bersikap arif dan bijak itu sesuai sunatullah/petunjuk Allah sang Pencipta agar kehidupan di bumi ini tetap lestari. Hal ini drperingatkan oleh Allah dengan firmanNya :
“Adapun orang-orang kafir, sebagian mereka menjadi pelindung bagi sebagian yang lain. Jika kamu (hai para muslimin) tidak melaksanakan apa yang telah diperintahkan Allah itu, niscaya akan terjadi kekacauan di muka bumi dan kerusakan yang besar.” (QS. Al Anfaal:73)

Disadari atau tidak disadari dengan semua makhluk hidup yan menghuni planet bumi ini, kerusakan bumi kita dari berbagai segi dapat dirasakan akibatnya oleh manusia itu sendiri, peringatan dari Allah kepada kita perlu ditanamkan dan dihayati oleh generasi penerus bangsa yang masih cukup lama dalam mengurangi bahtera kehidupan di bumi pertiwi ini.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar